PENINGKATAN DISIPLIN ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TAMAN KANAK-KANAK ARIANI KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

SUNARTI (2022) PENINGKATAN DISIPLIN ANAK MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TAMAN KANAK-KANAK ARIANI KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE.

[img] Other
DAFTAR ISI, DKK.rtf

Download (53kB)
[img] Other
skripsi bu sunarti.rtf

Download (97kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI ANAK New.docx

Download (30kB)

Abstract

SUNARTI. 2012. Peningkatan Disiplin Anak Melalui Latihan Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak Ariani Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Azizah Amal, S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah: bagaimana strategi guru dalam meningkatkan disiplin anak melalui pembiasaan di Taman Kanak-kanak Ariani Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan disiplin anak melalui pembiasaan di Taman Kanak-kanak Ariani Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah peningkatan disiplin anak yang merupakan perilaku anak yang menggambarkan ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan dalam bentuk berbaris memasuki ruangan kelas, mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, disiplin dalam kegiatan pembelajaran, waktu istirahat/makan/bermain, dan waktu pembelajaran berakhir (pulang) sebagai hasil dari latihan pembiasaan. Subjek penelitian ini adalah anak didik dan seorang guru pada kelompok A1 Taman kanak-kanak Ariani Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembiasaan dapat meningkatkan kedisiplinan anak di Taman Kanak-kanak Ariani Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Metode pembiasaan dilakukan melalui kegiatan spontan dan kegiatan terprogram. Ini direkomendasikan untuk guru TK agar senantiasa membiasakan anak dalam berperilaku disiplin.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:21
Last Modified: 18 Nov 2022 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25515

Actions (login required)

View Item View Item