PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI BERMAIN KARTU KATA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PEKKABATA KABUPATEN PINRANG

MULIANI NURDIN (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI BERMAIN KARTU KATA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PEKKABATA KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

MULIANI NURDIN, 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Bermain Kartu Kata di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pekkabata Pinrang Skripsi di bimbing oleh Dra. Hj Sumartini M.Pd dan Arifin Manggau S.Pd M.Pd, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Unuversitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui bermain kartu kata di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pekkabata Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melaui bermain kartu kata di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pekkabata Pinrang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu anak Taman Taman Kanak-Kank Aisyiyah Pekkabata Pinrang kelompok B2 yang berjumlah 10 orang anak dan 1 orang guru. Tindakan ini dilakukan secara bertahap, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dimana tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan bermaian kartu kata kemampuan membaca permulaan anak meningkat. Hal ini terlihat dari minat anak dan partisipasi anak dalam menyelesaikan kegiatan bermain yang diberikan sesuai dengan indikator dalam mengembangkan bahasa anak serta media yang sesuai kebutuhan anak serta anak dapat menyebutkan kata yang mempunyai huruf awal yang sama tampa bantuan guru, dan anak dapat membaca gambar yang memiliki kata tampa bantuan orang lain. Jadi kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa dengan kartu kata kemampuan membaca permulaan anak kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pekkabata Pinrang dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:17
Last Modified: 17 Nov 2022 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25514

Actions (login required)

View Item View Item