MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM ATHIRAH MAKASSAR

SURYANINGSIH (2022) MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM ATHIRAH MAKASSAR.

[img] Text
ningsihpeng.docx

Download (52kB)
[img] Text
sriningsih1.docx

Download (108kB)
[img] Text
ningsih kisi.docx

Download (31kB)
[img] Text
KISININGSIG.docx

Download (21kB)

Abstract

SURYANINGSIH. 2011. Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Islam Athirah Makassar . Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimana menerapkan media menggambar bebas dalam mengembangkan perilaku sosial anak melalui metode bermain peran di Taman Kanak-Kanak Islam Athirah Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan perilaku sosial anak melalui metode bermain peran di Taman Kanak-Kanak Makassar. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Tindakan yang diberikan berupa pelaksanaan metode bermain peran untuk mengembangkan perilaku sosial anak di taman kanak-kanak. Unit analisisnya yaitu 18 orang anak kelompok B. Rencana tindakan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Teknik pengambilan data melalui observasi dan hasilnya diolah secara kualitatif serta menggunakan standar penilaian hasil belajar dengan kategori sangat baik, baik dan masih memerlukan bimbingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat mengembangkan perilaku sosial anak secara lebih optimal dan maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan paparan data penelitian siklus I dimana sebahagian besar perilaku sosial anak berada pada kategori masih perlu bimbingan, mengalami peningkatan pada siklus II dengan berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut berarti kemampuan anak untuk berkomunikasi/berinteraksi dengan anak lain, berpartisipasi/bekerjasama dengan temannya, mudah bergaul/berteman, memiliki empati dalam bersosialisasi serta mau membagi miliknya dengan orang lain bisa lebih maksimal dan membantu perkembangan potensi-potensi anak yang lainnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:32
Last Modified: 17 Nov 2022 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25511

Actions (login required)

View Item View Item