MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG MAKASSAR

MULIANA (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI PANAIKANG MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL PENELITIAN.docx

Download (28kB)
[img] Text
PENGESAHAN HASIL.docx

Download (35kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (137kB)
[img] Text
lampiran baru.docx

Download (60kB)
[img] Text
10. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

Muliana, 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Melalui Bermain Kartu Angka Di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang Makassar. Skripsi dibimbing oleh pembimbing I Dra. Kartini Marzuki M. Si dan pembimbing II Suardi, S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kegiatan bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak di TK Bhayangkari Panaikang Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui bermain kartu angka di TK Bhayangkari Panaikang Makassar. Pendekatan Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan atas dua siklus, siklus I dilaksanakan II kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan II pertemuan. Fokus penelitian ini adalah Hasil memahami dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak dan Proses penggunaan metode bermain kartu angka yang dilakukan oleh guru. Setting penelitian ini adalah TK Bhayangkari Panaikang yang terletak di kota Makassar. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B2 yang terdiri atas 14 anak didik yaitu 10 anak laki-laki dan 4 anak perempuan serta 1 orang guru kelompok B2. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak di TK Bhayangkari Panaikang Makassar kelompok B2 hal ini dapat diketahui dari anak dapat membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda 1-10), Menyusun dan mengurutkan lambang bilangan dengan benda 1-10, Menghubungkan /memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda 1-10 (anak tidak disuruh menulis).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:00
Last Modified: 17 Nov 2022 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25508

Actions (login required)

View Item View Item