PERSEPSI SISWA KELAS XI JURUSAN DESAIN DAN PRODUKSI KRIYA KREATIF KERAMIK TERHADAP FASILITAS STUDIO KERAMIK SMK NEGERI 3 GOWA

MUKHLIS H, AHMAD (2022) PERSEPSI SISWA KELAS XI JURUSAN DESAIN DAN PRODUKSI KRIYA KREATIF KERAMIK TERHADAP FASILITAS STUDIO KERAMIK SMK NEGERI 3 GOWA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal Ahmad Mukhlis H (1881040009) - Ahmad Mukhlis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap fasilitas yang ada di studio keramik SMK Negeri 3 Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif dekskriptif sederhana yang datanya diolah dalam bentuk tabel frekuensi dan persentase. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas XI SMK Negeri 3 Gowa, Jurusan Desain Kriya Kreatif Keramik yang terdiri dari kelas KK1 26 siswa dan KK2 27 siswa dengan menggunakan sampel total yakni sebanyak 53 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penilitan menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap fasilitas yang ada di studio keramik SMK Negeri 3 Gowa yakni: 1. Hampir seluruh siswa kelas XI (88,06%) menyatakan sangat bersemangat menggunakan fasilitas yang tersedia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa sangat antusias terhadap fasilitas yang ada di studio keramik, 2. Hampir seluruh siswa kelas XI (84,91%) menilai Perlunya pembenahan dan perbaikan terhadap beberapa fasilitas yang mengalami kerusakan agar dapat digunakan kembali pada praktik pembuatan keramik, 3. Sebagian besar siswa kelas XI (69,81%) menilai pemeliharaan ataupun perawatan terhadap fasilitas yang ada di studio keramik SMK Negeri 3 Gowa perlu untuk ditingkatkan agar fasilitas yang ada dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama, 4. Hampir setengah dari jumlah siswa kelas XI (49,06%) yang merasa tidak nyaman dengan fasilitas yang ada di studio keramik SMK Negeri 3 Gowa, 5. Hampir seluruh siswa kelas XI (88,68%) berharap agar fasilitas yang ada di studio keramik SMK Negeri 3 Gowa lebih dimaksimalkan lagi agar mampu mengikuti perkembangan teknologi di bidang industri keramik. Kata kunci: Persepsi, fasilitas studio keramik, kriya keramik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 19 Nov 2022 09:03
Last Modified: 19 Nov 2022 09:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25497

Actions (login required)

View Item View Item