PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI BERMAIN CONGKLAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 151 LOKA KECAMATAN BATULAPPA KABUPATEN PINRANG

SRI ASRIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK MELALUI BERMAIN CONGKLAK DI TAMAN KANAK-KANAK SATU ATAP SDN 151 LOKA KECAMATAN BATULAPPA KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
HALAMAN AWAL-AKHIR BARU.doc

Download (72kB)
[img] Text
HAL 1-103 TERBARU.docx

Download (120kB)

Abstract

SRI ASRIANI. 2012. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak melalui Bermain Congklak di Taman Kanak-Kanak satu Atap SDN 151 Loka Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui bermain congklak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak melalui bermain congklak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakahn kelas (Classroom action research). Tindakan yang diberikan berupa penerapan bermain congklak dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Subyek penelitiannya yaitu 21 orang anak kelas B dan guru kelompok B. Rencana tindakan sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Tehnik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi kemudian hasilnya diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui bermain congklak di Taman Kanak-Kanak Satu Atap SDN 151 Loka Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang, karena setelah diterapkan bermain congklak anak-anak lebih antusias dalam proses pembelajaran yang berdampak pada peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan lebih optimal. Saran-saran yang diajukan antaralain yaitu kepada guru Taman Kanak-Kanak dapat memanfaatkan bermain congklak untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak didiknya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:02
Last Modified: 16 Nov 2022 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25490

Actions (login required)

View Item View Item