PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELUKIS SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TORAJA UTARA

PATASIK, RAMBA (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELUKIS SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TORAJA UTARA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL RAMBA PATASIK 1681042007 - Ramba Patasik.pdf

Download (219kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran melukis siswa kelas XII SMA Negeri 1 Toraja Utara, bagaimana pelaksanaan pembelajaran melukis siswa kelas XII SMA Negeri 1 Toraja Utara, serta bagaimana evaluasi pembelajaran melukis siswa kelas XII SMA Negeri 1 Toraja Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran melukis siswa kelas XII SMA Negeri 1 Toraja Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik analisis pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran melukis siswa kelas XII SMA Negeri 1 Toraja Utara. Berdasarkan hasil penelitian terkait Rencana Pelaksanaan Pembelajaran digunakan oleh guru berdasarkan hasil observasi dan telaah dokumen yang di lakukan pada bulan februari 2022 ditemukan bahwa RPP yang digunakan oleh guru sudah sangat baik, berdasarkan penilaian yang berjumlah 17 butir, terdapat 14 indikator yang bernilai 4 (sangat baik), 12 indikator yang bernilai 3 (sesuai), dan 1 indikator yang bernilai 2 (tidak sesuai) dimana pada RPP tidak ada tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan 4.1 yang menyatakan tentang tujuan pembelajaran melukis dan hanya menjelaskan tentang pembelajaran seni rupa dua dimensi. Pada Pelaksanaan Pembelajaran Melukis Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Toraja Utara sudah dikatakan baik, hal tersebut terlihat dari setiap indikator guru mampu menyampaikan pembelajaran sesuai dengan tahap dengan baik. Pada saat melaksanakan proses pembelajaran guru mampu menciptakan situasi yang lebih santai dan menyenangkan di dalam kelas. Penilaian dalam pembelajaran adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala tentang proses dan hasil pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai siswa termasuk untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, dalam membuat keputusan dan penilaian dapat digunakan untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan belajar, serta untuk mendokumentasikan kinerja siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 19 Nov 2022 09:01
Last Modified: 19 Nov 2022 09:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25476

Actions (login required)

View Item View Item