Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Make A Match Dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Di TK Bhayangkari Panaikang Makassar.

Sitti Risnawati (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Make A Match Dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Di TK Bhayangkari Panaikang Makassar.

[img] Text
1. SAMPUL PENELITIAN.docx

Download (28kB)
[img] Text
2.PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (30kB)
[img] Text
3.PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
4.MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
5.ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
7.DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
8.DAFTAR TABEL.docx

Download (12kB)
[img] Text
9.DAFTAR GAMBAR.docx

Download (13kB)
[img] Text
10.DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
12.BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
14.bab II.docx

Download (48kB)
[img] Text
21.DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
22.A.KISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
22.REKAPITULASI GURU SIKLUS I.docx

Download (19kB)
[img] Text
23,REKAPITULASI HASIL GURU SIKLUS II.docx

Download (16kB)
[img] Text
24.RUBRIK HASIL GURU SIKLUS I.docx

Download (20kB)
[img] Text
25.RUBRIK HASIL GURU SIKLUS II.docx

Download (20kB)
[img] Text
28. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

Sitti Risnawati, 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Make A Match Dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Di TK Bhayangkari Panaikang Makassar. Skripsi dibimbing Dra. Istyani Idrus, M.Si dan Herman, S.Pd, M.Pd.sebagai pembimbing I dan II Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif Type Make A Match dalam meningkatkan kemampuan konsep bilangan di TK.Bhayangkari Panaikang Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan konsep bilangan melalui model pembelajaran kooperatif Type Make A Match di TK.Bhayangkari Panaikang Makassar. Pendekatan Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini ada dua yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif Type Make A Match dan kemampuan konsep bilangan. Setting penelitian ini adalah TK.Bhayangkari Panaikang yang terletak di kota Makassar. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok B2 yang terdiri atas 14 anak didik yaitu 10 anak laki-laki dan 4 anak perempuan serta 1 orang guru kelompok B2. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Type Make A Match dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan di Tk.Bhayangkari Panaikang Makassar. Ini dapat dilihat dari setiap siklus yaitu pada siklus I hasil yang diperoleh selama 3 kali pertemuan yaitu kemampuan konsep bilangan anak masih pada kategori kurang sehingga dilaksanakan siklus ke II . Pada siklus ke II diperoleh hasil pada pertemuan 1 dan 2 kemampuan konsep bilangan anak masih pada kategori cukup kemudian pada pertemuan ke 3 kemampuan konsep bilangan anak berada pada kategori baik sehingga dari siklus I dan siklus II maka hasilnya adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Type Make A Match dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan di Taman Kanak-kanak Bhayangkari Panaikang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:35
Last Modified: 16 Nov 2022 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25473

Actions (login required)

View Item View Item