PERANCANGAN HANDOUT MENGGAMBAR FLORA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PAREPARE

ELMA ANDRYANTI, ALFINA (2021) PERANCANGAN HANDOUT MENGGAMBAR FLORA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 PAREPARE. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKELPERANCANGAN HANDOUT MENGGAMBAR FLORA fixx - Alfina Elma Andryanti.pdf

Download (596kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar handout materi menggambar flora untuk peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Parepare Kota Parepare. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE adalah menggunakan kerangka Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Dalam penelitian pengembangan bahan ajar hanya sampai pada tahap design (perancangan) yang telah dilakukan, tahap development, tahap implementation, dan evaluation tidak dilakukan karena keterbatasan dana, tenaga, dan waktu. Pada penelitian ini menggunakan tahap analisis kebutuhan dan tahap perancangan. Tahap analisis kebutuhan meliputi analisis permasalahan, analisis kurikulum dan materi. Tahap perancangan (Design) meliputi perancangan isi (konten) dan perancangan format. Teknik pengumpulan data menggunakan data analisis kebutuhan dan lembar penilaian dari reviewer ahli materi dan ahli media. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian berupa handout setelah di review oleh reviewer yakni, handout ini siap untuk diujicobakan keefektifan dan kepraktisannya kepada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Parepare Kota Parepare yang dijadikan sasaran pengguna handout ini. Kata kunci: handout, menggambar flora

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 19 Nov 2022 09:01
Last Modified: 19 Nov 2022 09:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25472

Actions (login required)

View Item View Item