ORANG TUA OTORITER (STUDI KASUS PADA 3 ANAK) DI PERILAKU AGRESIF DAN POLA ASUH TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-AZHAR 34 KOTA MAKASSAR

Fabian Fadly (2022) ORANG TUA OTORITER (STUDI KASUS PADA 3 ANAK) DI PERILAKU AGRESIF DAN POLA ASUH TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-AZHAR 34 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman Depan SKRIPSI II (2) PENGESAHAN.docx

Download (46kB)
[img] Text
SKRIPSI PERUBAHAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
Halaman sampul usulan penelitian.docx

Download (29kB)
[img] Text
Hasil Usulan Penelitian.docx

Download (94kB)
[img] Text
New Microsoft Office Word Document.docx

Download (40kB)

Abstract

Fabian Fadly, 2012. Pola Asuh Orang Tua dalam Perilaku Sosial Anak di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar 34 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Istiyani Idrus, M.Si dan Herman S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini membahas tentang Pola Asuh Orang Tua dalam Perilaku Sosial Anak di Taman Kank-kanak Islam Al-Azhar 34 Makassar. Permasalahan yang dikaji yaitu Bagaimanakah pola asuh orang tua dalam perilaku sosial di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar 34 Makassar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam perilaku sosial anak di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar 34 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Fokus penelitaian ini adalah mengacu pada pola asuh orang tua dalam perilaku sosial di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar 34 Makassar dengan indikator kemampuan sosial yaitu a) Kerjasama; b) Persaingan; c) Kemurahan hati; d) Hasrat akan penerimaan sosial; e) Simpati; f) Empati; g) Ketergantungan; h) Sikap ramah; i) Sikap tidak mementingkan diri sendiri; j) Meniru; dan k) Prilaku kelekatan. Subyek penelitian ini adalah TK Islam Al-Azhar 34 Makassar, pada kelompok A kelas Daud yang di dalam kelas terdapat 25 anak didik tetapi yang sampel kami yaitu 3 orang anak didik yang diasuh dengan pola asuh dengan pola asuh orang tua yang otoriter dan 3 orang tua anak didik yang mengasuh anaknya dengan pola asuh otoriter. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kesimpulan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Pola Asuh Orang Tua Anak di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar 34 Makassar masih ada yang menerapkan pola asuh otoriter di mana anak belum menunjukkan kerjasama, persaingan tidak sehat dan masih tergantung dengan orang tua atau orang lain, dan ketika kami mengadakan wawancara dengan orang tua banyak orang tua yang mengetahui bagaimana pola asuh demokrtis, orang tua hanya menerapkan pola otoriter dikarenakan diapun mendapat perlakuan tersebut dari orang tuanya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:59
Last Modified: 16 Nov 2022 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25467

Actions (login required)

View Item View Item