MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

HALWIANA (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU.

[img] Text
SAMPUL , DAFTAR ISI PRPOSAL.docx

Download (56kB)
[img] Text
Halwiana2.docx

Download (122kB)
[img] Text
kisi halwiana.docx

Download (31kB)
[img] Text
lo pemb 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
lo pemb 2.docx

Download (28kB)
[img] Text
lo pemb 3.docx

Download (25kB)
[img] Text
lo pemb 4.docx

Download (25kB)
[img] Text
SATUAN KEGIATAN HARIAN (SKH) lingkungan.docx

Download (29kB)
[img] Text
lo pemb 3.docx

Download (25kB)

Abstract

Halwiana, 2011 Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bercerita di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Arifin Manggau, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak pada Taman Kanak-kanak Pertiwi Kab. Barru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita. Pendekatan penelitian yang disajikan secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran kemampuan bahasa ekspresif anak dengan menggunakan metode bercerita. Upaya meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak dapat dilakukan dengan menggunakan metode bercerita. Metode bercerita dianggap efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak dan meningkatkan aktivitas anak didik. Jenis Penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan bahasa ekspresif anak di TK. Subjek penelitiannya adalah kelas B3 dengan jumlah 13 anak didik di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kabupaten Barru. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan perubahan perbaikan meskipun belum menunjukkan perolehan hasil yang maksimal. Pada siklus II setelah dilakukan refleksi pada siklus I penerapan metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:33
Last Modified: 16 Nov 2022 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25459

Actions (login required)

View Item View Item