PENERAPAN METODE GLOBAL DENGAN KARTU KALIMAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN PELITA KASIH MAKASSAR

MERYATI (2022) PENERAPAN METODE GLOBAL DENGAN KARTU KALIMAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN PELITA KASIH MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (58kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (119kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (25kB)
[img] Text
lampiran 3.docx

Download (41kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (32kB)
[img] Text
Lampiran 5.docx

Download (25kB)
[img] Text
Lampiran 6.docx

Download (47kB)
[img] Text
Lampiran 7.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP 8.docx

Download (135kB)

Abstract

Meryati 2012. Penerapan Metode Global Dengan Kartu Kalimat Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Di Taman Kanak-kanak Kristen Pelita Kasih Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M,Si masing-masing sebagai pembimbing I dan pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode global dengan kartu kalimat dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Kristen Pelita Kasih Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode global dengan kartu kalimat dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Kristen Pelita Kasih Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 21 anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kristen Pelita Kasih Makassar. Data penelitian ini adalah data aktivitas mengajar guru dan belajar anak tentang kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil aktivitas mengajar guru kategori kurang dan aktivitas belajar anak 47,6% dari 21 jumlah anak yang berada pada kategori kurang karena anak tersebut tidak dapat melaksanakan aspek membaca permulaan. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu aktivitas mengajar guru kategoi baik dan aktivitas belajar anak sudah mencapai 90,5% dari 21 jumlah anak yang berada pada kategori baik karena anak tersebut sudah dapat melaksanakan aspek membaca permulaan dengan benar. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode global dengan kartu kalimat dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak Kristen Pelita Kasih Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:21
Last Modified: 16 Nov 2022 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25454

Actions (login required)

View Item View Item