ERNIWATI (2022) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PERMAINAN PLAY DOUGH DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-BINA MAKASSAR.
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.docx Download (1MB) |
|
Text
ERNIWATI SKRIPSI.docx Download (201kB) |
Abstract
ERNIWATI, 2011. Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Play Dough Di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Bina Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd. dan Suardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah anak didik kelas B1 yang berjumlah 11 anak dan 1 orang guru di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Bina Makassar. Adapun fokus masalahnya apakah permainan play dough dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Bina Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran permainan play dough dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Bina Makassar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus I dan II terdiri dari pembelajaran I dan pembelajaran II. Dalam penelitian ini data yang digunakan melalui metode observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui permainan play dough di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Bina Makassar. Dengan berkembangnya kemampuan motorik halus anak berarti kekuatan, kelenturan otot jari tangan juga koordinasi mata tangan anak semakin berkembang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) FMIPA ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 01:11 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 01:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25443 |
Actions (login required)
View Item |