PENGARUH PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALITAS GURU (STUDI PADA GURU IPS TERPADU YANG MEMILIKI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN EKONOMI)

Rakib, Muhammad and Rombe, Arfina and Yunus, Muchtar (2016) PENGARUH PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALITAS GURU (STUDI PADA GURU IPS TERPADU YANG MEMILIKI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN EKONOMI). Jurnal Ad'ministrare "Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran", 3 (2). pp. 1-148. ISSN 2541-1306

[img]
Preview
Text (Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Jurnal - Administrare Vol. 3 No. 2.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review - Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review - Jurnal Administrare Vol. 3 No. 2.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menjelaskan pengaruh pelatihan terhadap profesionalitas guru.2) untuk menjelaskan pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalitas guru, dan 3) untuk menjelaskan pengaruh pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalitas guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang pendidikan ekonomi yang mengajarkan mata pelajaran IPS pada Sekolah Menengah Pertama di kabupaten Toraja Utara yaitu sebanyak 132 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian verifikatif dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelatihan secara parsial berpengaruh posotif dan signifikan terhadap profesionalitas guru, 2) pengalaman mengajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas guru, dan 3) pelatihan pengalaman mengajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalitas guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pelatihan, pengalaman mengajar, profesionalitas guru.
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: PAK Kepegawaian UNM
Date Deposited: 17 May 2017 12:30
Last Modified: 17 May 2017 12:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item