RUSMALASARI (2022) PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN BAHASA LISAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK RADIATUL ASFAL ANNISA MAMASA.
Text
sampul MALLA.docx Download (54kB) |
|
Text
isi malla.docx Download (68kB) |
|
Text
LAMPIRAN 2.docx Download (40kB) |
|
Text
siklus I.docx Download (58kB) |
|
Text
siklus II.docx Download (57kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (134kB) |
Abstract
Rusmalasari 2012 Penerapan Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Dalam Meningkatkan Bahasa Lisan Pada Anak Didik Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Radiatul Asfal Annisa Mamasa. Skripsi dibimbing oleh Dr. H. Syamsul Bakhri Gaffar, M.SI dan Azizah Amal, S.S, M.Si masing-masing sebagai pembimbing I dan pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbahasa lisan anak di TK Radiatul Asfal Annisa Mamasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode bercerita dengan gambar seri dapat meningkatkan bahasa lisan pada anak didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Radiatul Asfal Annisa Mamasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode bercerita dengan gambar seri dapat meningkatkan bahasa lisan pada anak didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Radiatul Asfal Annisa Mamasa.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan anak di kelompok B TK Radiatul Asfal Annisa Mamasa. Fokus penelitian adalah anak di Taman Kanak-Kanak Radiatul Asfal Annisa Mamasa dalam meningkatkan kemampuan bahasa lisan melalui metode bercerita dengan gambar seri. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan belajar anak tentang kemampuan membaca permulaan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I kemampuan mengajar guru kategori cukup dan kemampuan belajar anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode bercerita dengan gambar seri dapat meningkatkan bahasa lisan pada anak didik kelompok B di TK Radiatul Asfal Annisa Mamasa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 07:33 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 07:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25434 |
Actions (login required)
View Item |