PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENERAPAN KEGIATAN MENGGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR

NURLIATI (2022) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENERAPAN KEGIATAN MENGGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK ANDIYA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (53kB)
[img] Text
SKRIPSI PGAUD.docx

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NURLI - Copy bru.docx

Download (41kB)
[img] Text
Siklus I.docx

Download (63kB)
[img] Text
Siklus II.docx

Download (61kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (45kB)

Abstract

Nurliati 2012 Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Di Taman Kanak-Kanak Andiya Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Nirmala, M.Si dan Rusmayadi, S.Pd, M.Pd masing-masing sebagai pembimbing I dan pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak di TK Andiya Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui kegiatan menggambar dapat menggembangkan Kreativitas Anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar melalui kegiatan menggambar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan anak di kelompok B TK Andiya Makassar. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan belajar anak tentang kreativitas anak melalui kegiatan menggambar. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I kemampuan mengajar guru kategori cukup dan kemampuan belajar anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan melalui kegiatan menggambar dapat menggembangkan Kreativitas Anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:08
Last Modified: 11 Nov 2022 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25431

Actions (login required)

View Item View Item