PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU BILANGAN BRGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH LAYANG UTARA KECAMATAN BONTOALA MAKASSAR

RIKA TRISWATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU BILANGAN BRGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH LAYANG UTARA KECAMATAN BONTOALA MAKASSAR.

[img] Text
rikapeng.docx

Download (49kB)
[img] Text
Rika8.docx

Download (91kB)
[img] Text
lo2 rika.docx

Download (38kB)
[img] Text
rika rkh.docx

Download (38kB)
[img] Text
LO GURU.docx

Download (28kB)

Abstract

RIKA TRISWATI. 2012. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Kartu Bilangan Bergaambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Layang Utara Kecamatan Bontoala Makassar. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Drs. M. Ali Latif Amri, M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui permainan kartu bilangan bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Layang Utara Kecamatan Bontoala Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui permainan kartu bilangan bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Layang Utara Kecamatan Bontoala Makassar Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Tindakan yang diberikan berupa penerapan permainan kartu bilangan bergambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak di taman kanak-kanak. Subyek penelitiannya yaitu 15 orang anak kelompok A1 dan 1 orang guru. Rencana tindakan yaitu siklus I dan siklus II, dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Teknik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi dan hasil diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui permainan kartu bilangan bergambar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Layang Utara Kecamatan Bontoala Kota Makassar pada siklus I ditemukan bahwa masih ada beberapa beberapa anak didik yang masuk kategori masih memerlukan bimbingan yang artinya kemampuan yang dimiliki anak masih dilakukan masih lamban, kadang salah serta kurang tepat. Sedangkan pada siklus II ditemukan bahwa sebagian besar anak didik sudah masuk kategori baik, beberapa anak didik masuk kategori sedang dan sudah tidak ada lagi anak didik yang masuk kategori kurang. Kesimpulannya yaitu terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui permainan kartu bilangan bergambar dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori masih memerlukan bimbingan mengalami peningkatan pada siklus II dengan berada pada kategori sangat baik dan baik, yang artinya penerapan permainan kartu bilangan bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak secara lebih optimal dan maksimal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:04
Last Modified: 11 Nov 2022 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25430

Actions (login required)

View Item View Item