PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI METODE KATA LEMBAGA DI TK KRISTEN ELIM TAMALANREA MAKASSAR

MONIKA DIKA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI METODE KATA LEMBAGA DI TK KRISTEN ELIM TAMALANREA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (52kB)
[img] Text
1.docx

Download (65kB)
[img] Text
2.docx

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA monika.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 1 monika.docx

Download (44kB)
[img] Text
Siklus I.docx

Download (49kB)
[img] Text
Siklus II.docx

Download (47kB)
[img] Text
Lampiran 1 monika.docx

Download (44kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

Monika Dika 2012 Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Metode Kata Lembaga Di Tk Kristen Elim Tamalanrea Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Sitti Habibah, M.Si masing-masing sebagai pembimbing I dan pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan anak di TK Elim Tamalanrea Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode kata lembaga dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-Kanak Kristen Elim Tamalanrea Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode kata lembaga di Taman Kanak-Kanak Kristen Elim Tamalanrea Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan anak di kelompok B TK Elim Tamalanrea Makassar. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan belajar anak tentang kemampuan membaca permulaan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I kemampuan mengajar guru kategori cukup, karena dari delapan indikator yang diamati hanya setengah (empat indikator) yang terlaksana dengan baik sedangkan empat indikator tidak terlaksana dengan baik (kategori cukup) dan kemampuan belajar anak kategori kurang karena terdapat sebelas atau kurang dari setengah jumlah anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik karena semua indikator mengajar guru dapat terlaksana dengan baik dan seluruh aktivtas belajar anak dapat terlaksana denan baik. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode kata lembaga dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Taman Kanak-Kanak Kristen Elim Tamalanrea Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:25
Last Modified: 11 Nov 2022 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25425

Actions (login required)

View Item View Item