EFEKTIVITAS BELAJAR KOLABORATIF TERHADAP KREATIVITAS ANAK DENGAN MEDIA BARANG BEKAS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BAHAGIA MAKASSAR

DEDE QAMARIAH (2022) EFEKTIVITAS BELAJAR KOLABORATIF TERHADAP KREATIVITAS ANAK DENGAN MEDIA BARANG BEKAS DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BAHAGIA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman Depan Dede .docx

Download (98kB)
[img] Text
SKRIPSI DHEDE.doc

Download (290kB)
[img] Spreadsheet
Nilai Post Test.xls

Download (44kB)
[img] Spreadsheet
Nilai Pre Test.xls

Download (29kB)

Abstract

Dede Qamariah 2011. Efektivitas Belajar Kolaboratif Terhadap Kreativitas Anak dengan Media Barang Bekas di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Bahagia Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Drs.M.T.Parumbuan, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok penelitian adalah apakah kreativitas anak setelah diajar dengan metode kolaboratif lebih tinggi daripada sebelum diajar dengan menggunakan metode kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap kreativitas anak dengan media bahan bekas. Penelitian ini mengambil subjek pada 16 anak didik kelompok B3 di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Bahagia Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan pretest-postest design. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi (check list). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode kolaboratif terhadap kemampuan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Bahagia Kecamatan Wajo Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:15
Last Modified: 11 Nov 2022 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25420

Actions (login required)

View Item View Item