KEGIATAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEWARNAI GAMBAR ANAK DIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KABUPATEN BARRU

H A S N I A T I (2022) KEGIATAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEWARNAI GAMBAR ANAK DIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KABUPATEN BARRU.

[img] Text
SAMPUL TESIS.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
Foto Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
kisi-kisi PEDOMAN OBSERVASI.docx

Download (20kB)
[img] Text
PEDOMAN OBSERVASI GURU.docx

Download (31kB)
[img] Text
PEDOMAN OBSERVASI Untuk Anak Didik.docx

Download (26kB)

Abstract

Hasniati, 2012, Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mewarnai Gambar anak Didik Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kabupaten Barru dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd. dan Arifin Manggau, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Univers Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam mengembangkan kemampuan mewarnai gambar anak didik, dan bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan mewarnai gambar bagi anak didik di Taman Kanak-Kanak pertiwi Kabupaten Barru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatahui strategi guru dalam mengembangkan kemampuan mewarnai gambar anak didik dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan mewarnai gambar bagi anak didik di Taman Kanak-Kanak pertiwi Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitiaan deskriptif kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 12 orang anak didik. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam mengembangkan kemampuan mewarnai gambar anak didik adalah Memperkenalkan Berbagai Macam Gambar yang Hendak diwarnai oleh anak, memberi contoh cara memegang krayon dengan baik, memberi conto cara mewarnai gambar dengan baik, Mengarahkan anak untuk berkonsentrasi dalam mewarnai gambar, dan Memberikan penghargaan terhadap hasil yang telah dicapai oleh anak didik. Faktor pendukung pengembangan kemampuan mewarnai gambar bagi anak adalah tersedianya media pembelajaran, tingginya semangat anak didik belajar dan besarnya animo komite sekolah dalam memberikan bantuan pengadaan alat mewarnai gambar, sedangkan faktor penghambat adalah masih ada anak yang tidak bisa mengembangkan kreatifitasnya dalam mengembangkan kemampuan mewarnai gambar, usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan memindahkan tempat duduk anak yang sering usil dan tidak konsentrasi dalam belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:34
Last Modified: 11 Nov 2022 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25416

Actions (login required)

View Item View Item