PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING DALAMMENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS AWALANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SULOLIPU KABUPATEN BONE

SITTI RAMLAH (2022) PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING DALAMMENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS AWALANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SULOLIPU KABUPATEN BONE.

[img] Text
SITI RAMLAH.docx

Download (159kB)
[img] Text
RKH SITI RAMLAH.docx

Download (32kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI ANAK.docx

Download (33kB)

Abstract

SITTI RAMLAH. 2012. Penerapan Metode Latihan Terbimbing dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Awal Anak Di Taman Kanak-Kanak Sulolipu Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode latihan terbimbing dalam mengembangkan kemampuan menulis awal anak di Taman kanak-Kanak Sulolipu Kabupaten Bone. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode latihan terbimbing dalam mengembangkan kemampuan menulis awal anak di Taman kanak-Kanak Sulolipu Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Tindakan yang diberikan berupa penerapan metode latihan terbimbing dalam mengembangkan kemampuan menulis awal pada anak di taman kanak-kanak. Subjek penelitiannya yaitu 10 orang anak kelompok B dan 1 orang guru. Rencana tindakan yaitu siklus I dan siklus II, dimana masing-masing siklus berlangsung selama dua tahap. Teknik pengambilan data melalui observasi serta dokumentasi dan hasil diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi pengembangan kemampuan menulis awal anak melalui metode latihan terbimbing dengan melihat rata-rata hasil belajar pada siklus I berada pada kategori kurang atau masih memerlukan bimbingan dari guru mengalami peningkatan pada siklus II dengan berada pada kategori baik dan cukup. (2) Aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan antaralain yang ditandai dengan kemampuan anak dalam menulis garis lurus, anak mampu menulis garis lengkung, anak mampu menulis lingkaran, anak mampu menulis huruf dan anak mampu menulis kata terpenuhi. (3) Penerapan metode latihan terbimbing dapat mengembangkankan kemampuan menulis awal pada anak secara lebih optimal dan maksimal. Saran-saran yang diajukan antaralain kepada para guru taman kanak-kanak agar dalam menerapkan metode latihan terbimbing dalam proses pembelajaran kelas, diharapkan para guru melakukan persiapan dengan baik yaitu mempersiapkan diri dalam memperagakan cara menulis garis lurus, garis lengkung, lingkaran, huruf serta menulis kata yang menarik perhatian anak didik serta persiapan organisasi kelas yang memungkinkan seluruh anak didik dapat fokus dan aktif dalam mengikuti proses kegiatan belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:08
Last Modified: 11 Nov 2022 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25415

Actions (login required)

View Item View Item