PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK DENGAN MENGGUNAKAN KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN PELITA KASIH MAKASSAR

LEVINA LUDI’ B (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK DENGAN MENGGUNAKAN KARTU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN PELITA KASIH MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (50kB)
[img] Text
isi.docx

Download (825kB)
[img] Text
lampiran 1.docx

Download (25kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (16kB)
[img] Text
lampiran 3.docx

Download (30kB)
[img] Text
lampiran 4.docx

Download (23kB)
[img] Text
lampiran 5.docx

Download (21kB)
[img] Text
lampiran 6.docx

Download (30kB)

Abstract

Levina Ludi’ B, 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Awal dengan Menggunakan Kartu Kata Bergambar di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Sri Sofiani, M.Pd dan Drs.M. Anas Malik,M.Si . Pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca awal anak dengan menggunakan kartu kata bergambar di TK Kristen Pelita Kasih Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak dengan menggunakan kartu kata bergambar di TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok A dengan jumlah 17 anak di TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Data penelitian ini merupakan data aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar membaca anak tentang kemampuan membaca awal anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak pada kelompok A di TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Peningkatan itu dapat dilihat pada setiap siklus pembelajaran. Siklus I menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru kategori cukup dan aktivitas belajar membaca anak didik pada siklus I masih ada 7 (41,2%) anak didik berada pada kategori kurang karena pada saat pembelajaran masih ada anak didik tersebut suka bermain, masih ada anak yang kurang konsentrasi karena intonasi guru dalam mengajar kurang bagus. Sehingga tahap pelaksanaan siklus I baik pertemuan 1 maupun pertemuan 2 belum dapat dikatakan berhasil. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan dimana aktivitas mengajar guru kategori baik dan aktuvitas belajar membaca awal anak didik mencapai 14 (82,4%) anak didik berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningakatan hasil membaca awal dengan menggunakan kartu kata bergambar di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:29
Last Modified: 11 Nov 2022 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25412

Actions (login required)

View Item View Item