PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KHADIJAH KELURAHAN MANURUNG'EKEC. TANETE RIATTANG KAB. BONE

Karmilah. (2022) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KHADIJAH KELURAHAN MANURUNG'EKEC. TANETE RIATTANG KAB. BONE.

[img] Text
kulitnya.docx

Download (44kB)
[img] Text
skripsi. MILA - Copy.docx

Download (95kB)
[img] Text
skripsi-lamp 1.docx

Download (15kB)
[img] Text
skripsi-lamp 2.docx

Download (30kB)
[img] Text
skripsi-lamp3.docx

Download (32kB)

Abstract

Karmilah. 2012. Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Perilaku Sosial pada Anak di Taman Kanak-Kanak Khadijah Kelurahan Manurung'e Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si dan Herman, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Kajian masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode bermaian peran dalam mengembangkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Khadijah Kelurahan Manurung'e Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Khadijah Kelurahan Manurung'e Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Khadijah Kelurahan Manurung'e Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dengan subjek penelitian 13 orang anak yang usianya 5-6 tahun dan seorang guru di kelompok B2. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II masing-masing dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I terjadi perkembangan perilaku sosial anak tapi belum maksimal serta aktivitas bermain peran belum terlaksana dengan baik. Pada siklus II terjadi perkembangan perilaku sosial anak dan aktivitas guru dalam bermain peran juga sudah terlaksana dengan optimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Khadijah Kelurahan Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2022 00:56
Last Modified: 11 Nov 2022 00:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25410

Actions (login required)

View Item View Item