PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AQSHA KOTA PAREPARE

ESTER ESTIN (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AQSHA KOTA PAREPARE.

[img] Text
SAMPUL ESTER.docx

Download (48kB)
[img] Text
Abstrak dan Prakata.docx

Download (21kB)
[img] Text
SKRIPSI ESTER ESTIN.docx

Download (93kB)

Abstract

ESTER ESTIN, 2012. PeningkatanKemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Becakap-cakap di Taman Kanak-kanak Al-Aqsha Kota Paerepare. Dibimbing oleh Dra.Sri Sofiani, M.Pd dan Herman ,S.Pd, M,Pd. Program Studi pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bercakap-cakap dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan Metode bercakap- cakap dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak – kanak Al- Aqsha Kota Parepare. Pendekatan penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Taman Kanak- kanak Al – Aqsha Kota Parepare kelas B1 sebanyak 15 orang anak dan seorang Guru. Analisis data yaitu menggunakan model siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, hasil observasi, dan refleksi. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengidentifikasi indikator yang telah dicapai oleh masing- masing anak berdasarkan hasil observasi dari siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode bercakap- cakap dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada pengelolah Taman Kanak – kanak Al-Aqsha untuk menerapkan metode bercakap – cakap sebagai upaya pembimbingan dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Standar pencapaian dalam pelaksanaan penelitian yang dilakukan yaitu apabila guru dalam menerapkan metode bercakap- cakap dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak secara aktif dan kreatif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:21
Last Modified: 10 Nov 2022 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25405

Actions (login required)

View Item View Item