PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PUSAT PAUD RENGGANG DESA TANABANGKA KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA

N U R A E N I (2022) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PUSAT PAUD RENGGANG DESA TANABANGKA KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.rtf

Download (1MB)
[img] Text
NHENY SKRIPSI.docx

Download (106kB)

Abstract

NURAENI, 2011. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilau Sosial Anak Di Taman Kanak-Kanak Pusat PAUD Renggang Desa Tanabangka Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd. dan Abd. Hakim, S.Pd, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode bermain peran berpengaruh terhadap perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Pusat PAUD Renggang Desa Tanabangka Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Penelitian adalah penelitian pra eksperimen yang bersifat komparatif yaitu membandingkan perilaku sosial anak antara sebelum dan setelah di terapkannya pembelajaran dengan metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Pusat PAUD Renggang Desa Tanabangka Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Subjek penelitian adalah 15 anak (satu kelas). Dengan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Data yang terkumpul di analisis dengan statistik deskriptif dan statistic non parametric uji beda wilcoxon untuk uji beda perilaku sosial sebelum dan setelah di berikan perlakuan metode bermain peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap perilaku sosial anak di Taman Kanak-Kanak Pusat PAUD Renggang Desa Tanabangka Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Hal ini di tunjukkan bahwa nilai perilaku sosial pada post tes skor lebih tinggi di bandingkan nilai pretest. Dengan demikian di rekomendasikan kepada semua TK untuk menggunakan metode bermain peran dalam usaha meningkatkan perilaku sosial anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2022 05:53
Last Modified: 10 Nov 2022 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25402

Actions (login required)

View Item View Item