PENERAPAN KEGIATAN MENDONGENG DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU MORAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI I KABUPATEN SOPPENG

MASTANG. M (2022) PENERAPAN KEGIATAN MENDONGENG DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU MORAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI I KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (194kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
3. MOTTO.docx

Download (20kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.docx

Download (19kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
6. skripsi k'mastang super betul.rtf

Download (676kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN MASTANG 1.docx

Download (15kB)
[img] Text
8.LAMPIRAN MASTANG 3 OBSERVASI GURU.docx

Download (19kB)
[img] Text
9.LAMPIRAN MASTANG 2.docx

Download (39kB)
[img] Text
10. FOTO KEGIATAN.docx

Download (776kB)

Abstract

MASTANG,M.2012.PeningkatanKemampuanBahasaEkspresifAnakMelaluiMetode Bermain Peran Di Taman Kanak-KanakApesibollo’EUkke’EDesaPesseKecamatanDonri-DonriKabupatenSoppeng,Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak UsiaDini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Dra. KartiniMarzuki, M.SidanAzizahAmal, S.S. M. Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negari Makassar. Masalahdalampenelitianini adalah bagaimanakahpeningkatanbahasaekspresifanak pada kelompok B di TK Apesibollo’E Ukke’E melalui metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak pada Kelompok B di TK di Apesibollo’EUkke’Emelalui metode bermain peran. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi.Setting penelitian di laksanakan di TK Apesibollo’E Ukke’E Desa Pesse Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dengan subjek penelitian adalah 10 orang anak didik. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Jenis penelitianiniadalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) disusundengansatuanSiklussecaraberdaurulang yang meliputiPerencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan refleksi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa adanya peningkatan bahasa ekspresif anak, dalam hal mengungkapkan bahasa dengan struktur lengkap pada siklus I dari 10 orang anak hanya 3 yang dapat nilai baik dan pada siklus 2 anak yang memperoleh nilai baik meningkat menjadi 9 orang anak hanya 1 orang anak yang tidak berhasil dikarenakan memiliki kelainan khusus. Dengan demikian peningkatan bahasa ekspresif anak lebih meningkat di TK Apesibollo’E Ukke’E Dese Pesse Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2022 05:33
Last Modified: 10 Nov 2022 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25400

Actions (login required)

View Item View Item