Salija, Kisman and Amirullah, Amirullah (2011) Pembelajaran Mata Kuiah Speaking Dengan Project Based Approach. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia.
|
Text (Laporan Penelitian PNBP)
Lap. Penelitian-Pembelajan.....pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review - Laporan Penelitian PNBP)
Peer Review - Lap. Penelitian-Pembelajan.....pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
PENDAHULUAN: Masalah utama yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas meliputi beberapa hal yang bisa dikategorikan ke dalam empat hal. Pertama adalah masalah yang berkaitan dengan substansi materi mata pelajaran. Kedua berkaitan dengan motivasi mahasiswa. Ketiga berkaitan dengan Metode Mengajar. Keempat adalah masalah penggunaan alat dan media pembelajaran. Apabila dirinci maka masalah yang penulis hadapi antara lain sbb: • masalah belajar mahasiswa, yang berkaiatan dengan kompetensi berbicara (speaking: kelancaran, ketepatan penggunaan kata dan kalimat, dan pengucapan). • pengembangan profesionalisme tenaga pengajar dalam peningkatan mutu perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran terutama berkaitan dengan referensi yang aktual; • pengelolaan dan pengendalian pembelajaran, terutama teknik memotivasi, teknik modifikasi perilaku dan teknik pengembangan diri bagi mahasiswa yang bermacam-macam karakteristiknya; • desain, strategi, dan model pembelajaran di kelas, terutama penggunaan model pembelajaran yang menuntut kreativitas mahasiswa, berpikir tingkat tinggi (high order thinking) dan kerjasama antar mahasiswa. • penanaman dan pengembangan sikap serta nilai-nilai, terutama pengembangan sikap ilmiah di dalam diri mahasiswa; • alat bantu, media dan sumber belajar, yang mampu memfasilitasi mahasiswa untuk memahami konsep-konsep yang sulit dan membutuhkan pemahaman yang mendalam. • sistem asesmen dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran, sehingga memacu mahasiswa untuk lebih mengapresiasi proses pembelajaran di samping penghargaan atas hasil belajar. Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga, dari berbagai permasalahan di atas penulis buat prioritas permasalahan sehingga akan diatasi teriebih dahulu yang mendapat prioritas tertinggi dengan kategori: • peninkatan kompetensi berbicara dan masalah belajar mahasiswa, yang berkaiatan dengan penguasaan atau pemahaman konsep-konsep speaking dengan pendekatan project learning. • masalah tersebut penting dan mendesak untuk dipecahkan. • penulis mampu untuk mengatasi masalah tersebut ditinjau dari segi waktu, dan sumber daya yang tersedia. Hasil quality control tes TOEFL yang dilaksanakan secara regular menunjukan bahwa kemampuan rata-rata mahasiswa jurusan bahasa Inggris masih sangat rendah.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | S.T., M.T. Faruq Ratuhaji |
Date Deposited: | 17 May 2017 08:00 |
Last Modified: | 17 May 2017 08:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2540 |
Actions (login required)
View Item |