Penerapan Kegiatan Motorik Halus Dalam Membentuk Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Soppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng

Sri Ramadhani. (2022) Penerapan Kegiatan Motorik Halus Dalam Membentuk Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Soppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

[img] Other
SAMPUL.shs

Download (3MB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.doc

Download (28kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.doc

Download (27kB)
[img] Text
MOTTO PERSEMBAHAN.doc

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.doc

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (39kB)
[img] Text
BAB I-BAB IV DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (232kB)

Abstract

Sri Ramadhani. 2012. Penerapan Kegiatan Motorik Halus Dalam Membentuk Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Soppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar Fokus masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Kegiatan Motorik Halus Dalam Membentuk Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Di Tk Pertiwi I Watan Soppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng ? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran penerapan kegiatan motorik halus dalam membentuk kemampuan menulis permulaan pada anak di TK Pertiwi I Watan Soppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelompok B5 TK Pertiwi I Watan Soppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng yang terdiri dari 16 orang anak dan satu orang guru kelas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menjadikan anak didik di di TK Pertiwi I Watan Soppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng pada kelompok B sebagai unit analisis Penelitian ini dilaksanakan di TK Pertiwi I Watan Soppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara, analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, digunakan untuk menjelaskan hasil tindakan yang mengarah pada peningkatan kemampuan menulis permulaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan motorik halus yang dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Pertiwi I Watan Soppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng terdiri dari bermain puzzle, melukis menggambar, dan menulis. Untuk membentuk kemampuan mereka diberi latihan cara memegang pensil dengan benar Membuat garis lurus, lengkung, lingkaran, segitiga dan segiempat, menggerakkan tangan dengan memperhatikan apa yang harus ditulis, latihan membuat garis dibuku tulis Adapun dari kegiatan tersebut dapat membentuk kemampuan menulis permulaan anak seperti: (1) semakin terampil menggunakan jari-jari tangannya, (2) anak dapat mengurus dirinya sendiri (3) anak dapat menulis dengan mencoret-coret buku dan mewarnai..

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:54
Last Modified: 10 Nov 2022 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25397

Actions (login required)

View Item View Item