PENINGKATAN KECERDASAN BAHASA MELALUI METODEPEMBELAJARAN KOOPERATIF DI TK ABA BAHAGIA MAKASSAR

Nurasiah Achmad (2022) PENINGKATAN KECERDASAN BAHASA MELALUI METODEPEMBELAJARAN KOOPERATIF DI TK ABA BAHAGIA MAKASSAR.

[img] Text
sampul_campr.doc

Download (437kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (57kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.doc

Download (80kB)

Abstract

Nurasiah Achmad 2011. Peningkatan kecerdasan bahasa melalui metode pembelajaran kooperatif ditaman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Bahagia Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd, selaku pembimbing I dan Drs. M.T. Parumbuan, M.Si, Selaku Pembimbing II. Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kecerdasan bahasa melalui metode pembelajaran kooperatif di taman kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Bahagia Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kecerdasan bahasa anak melalui metode kooperatif di tanam kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Bahagia Kota Makassar. Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif jenis PTK, instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar observasi mengenai kemampuan peningkatan kecerdasan bahasa yang terwujud melalui kerjasama dalam kelompok, bicara lancar, kekayaan kosakata, mengungkapkan gagasan, kemampuan bercerita secara urut dan jelas subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Bahagia Kelompok B2 dengan jumlah anak 25 orang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi pribadi berupa visual dan audio visual. Data penelitian dianalisis dengan deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalui metode kooperatif learning kecerdasan bahasa anak dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:15
Last Modified: 10 Nov 2022 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25384

Actions (login required)

View Item View Item