MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SOPPENG

RAHMAWATI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Sampul Skripsi.docx

Download (35kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.docx

Download (53kB)
[img] Text
Isi Dan Laporan Skrips.docx

Download (744kB)

Abstract

RAHMAWATI 2011. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mendongeng Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Soppeng”. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Bulkis. Said, M.Si dan Syamsuardi S.Pd, M.Pd. Program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Fokus masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan kognitif anak dapat meningkat melalui kegiatan mendongeng di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Soppeng adalah dengan memilih tema dongeng, menyesuaikan isi dongeng dengan usia anak, menyajikan dongeng dengan punuh peresapan dan penjiwaan, melibatkan anak dengan dongeng, menyimpulkan isi dongeng dan menarik makna yang dapat dipetik dari dongeng. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan mendongeng di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas, bertujuan menggambarkan keadaan atau status fenomena. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, untuk memperoleh informasi tentang kemampuan kognitif anak melalui kegiatan mendongeng diperlukan tindakan oleh guru yang dapat diamati. Subjek penelitian ini sebanyak 10 anak, terdiri atas 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan adanya biki dongeng yang diberikan kepada anak. Dengan adanya langkah-langkah yang dilakukan guru maka anak dapat melakukan kegiatan mendongeng dengan menceritakan perbedaan waktu siang dan waktu malam pada dongeng dan mengenalkan perbedaan cepat- lambat, panjang-pendek, berat-tinggi pada saat anak dapat menceritakan dongeng yang telah diceritakan oleh guru. Melalui kegiatan mendongeng kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:20
Last Modified: 08 Nov 2022 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25374

Actions (login required)

View Item View Item