PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KANTONG BILANGAN PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 1 BULUKUMBA

ANDI ASKAR ANUGRAH SAKTI (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KANTONG BILANGAN PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 1 BULUKUMBA.

[img] Text
JURNAL askar fix-dikonversi.pdf

Download (367kB)

Abstract

A. ASKAR ANUGRAH SAKTI, 2020. Peningkatan hasil belajar matematika melalui kantong bilangan pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah,M.Pd dan Dra. Hj. Kasmawati, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan hasil belajar matematika murid mengalami kesulitan dalam mata pelajaran matematika khususnya pengurangan bersusun dengan teknik meminjam pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses penggunaan kantong bilangan dalam pembelajaran matematika pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba. Bagaimanakah hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan kantong bilangan dalam pembelajaran matematika pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar berhitung melalui penggunaan kantong bilangan dalam pembelajaran matematika pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba. Tujuan utama dalam penelitian ini Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika menggunakan kantong bilangan pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika menggunakan kantong bilangan pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba yang berjumlah dua oran. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar matematika pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba sebelum penerapan menggunakan kantong bilangan berada dalam kategori kurang. Sedangkan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar matematika pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba setelah penerapan media kantong bilangan berada dalam kategori baik. Artinya terdapat peningkatan kemampuan hasil belajar matematika dalam operasi hitung pengurangan murid cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Bulukumba setelah penggunaan media kantong bilangan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media kantong bilangan dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar matematika dalam operasi hitung pengurangan murid cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Bulukumba. Kata kunci: Kemampuan Berhitung Pengurangan, kantong bilangan, Tunadaksa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:02
Last Modified: 07 Nov 2022 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25362

Actions (login required)

View Item View Item