Penanganan Perilaku Bullying Di SMK Negeri 10 Makassar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan)

Andi Ahmad Farid Kafrawi AS (2022) Penanganan Perilaku Bullying Di SMK Negeri 10 Makassar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan).

[img] Text
1660630574608_ANDI AHMAD FARID KAFRAWI_1744042014_Jurnal.pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah Penanganan Perilaku Bullying di SMK Negeri 10 Makassar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan). Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku Kasus bullying di SMK Negeri 10 Makassar? (2) Faktor Faktor penyebab terjadinya perilaku Kasus bullying di SMK Negeri 10 Makassar? (3) Bagaimana dampak perilaku Kasus bullying bagi pelaku? (4) Bagaimana penanganan perilaku Kasus bullying di SMKN 10 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran perilaku Kasus bullying di SMKN 10 Makassar (2) Faktor terjadinya Kasus bullying di SMKN 10 Makassar. (3) Mengetahui dampak Kasus bullying bagi pelaku (4) penanganan perilaku Kasus bullying di SMKN 10 Makasar. Pendekatan Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek Penelitian ini adalah seorang siswa yang terlibat perilaku bullying, diketahui melalui wawancara awal dengan guru BK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) gambaran perilaku bullying diSMK Negeri 10 Makassar yaitu, bullying Verbal seperti mengejek dengan memanggil kata culun dan bullying Fisik seperti Mencekik dan memberikan hukuman push up. (2) penyebab bullying di SMK Negeri 10 Makassar berasal dari faktor lingkungan sekolah, faktor kepribadiaan Mr yang tempramen serta pergaulan dengan teman sekolah yang mendukung kenakalan MR. (3) dampak bullying bagi pelaku bullying berdampak dijauhi oleh teman-temannya (4) penanganan terhadap perilaku bullying yang dilakukan oleh pihak sekolah berupa pemberlakuan poin pelanggaran, pemberian nasehat kepada pelaku bullyin, sedangkan penanganan perilaku bullying yang dilakukan oleh peneliti dengan role play dianggap dapat mengurangi kecenderungan perilaku bullying di SMK Negeri 10 Makassar. Kata Kunci: Role Playing, Bullying

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:39
Last Modified: 07 Nov 2022 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25357

Actions (login required)

View Item View Item