Penerapan Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea

ISRAWATI MIRTA (2022) Penerapan Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea.

[img] Text
Israwati Mirta_Artikel Ilmiah Skripsi_1644042008.pdf

Download (678kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. Masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) bagaimana gambaran tingkat kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea?, (2) bagaimana gambaran pelaksanaan teknik modeling simbolis dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea?, (3) apakah teknik modeling simbolis dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) gambaran kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea, (2) gambaran pelaksanaan teknik modeling simbolis dalam meningkatkan kedisiplinan belajar di SMP Negeri 2 Tamalatea, (3) pelaksanaan teknik modeling simbolis dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Model jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment design. Populasi dalam penelitian ini semua kelas VIII di SMP Negeri 2 Tamalatea sebanyak 48 siswa pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala kedisiplinan belajar dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pelaksanaan teknik modeling simbolis terdiri atas 4 tahapan yaitu, menayangkan salah satu video untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa berdasarkan indikator disiplin dalam kegiatan belajar di sekolah, menayangkan salah satu video untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa berdasarkan indikator disiplin dalam mengerjakan tugas pelajaran, menayangkan salah satu video untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa berdasarkan indikator disiplin dalam kegaiatan belajar di rumah dan evaluasi, (2) tingkat kedisiplinan belajar siswa sebelum diberikan teknik modeling simbolis berada pada kategori rendah, (3) penerapan teknik modeling simbolis dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Teknik Modeling Simbolis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:35
Last Modified: 07 Nov 2022 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25356

Actions (login required)

View Item View Item