Perilaku Social Prejudice Negatif Siswa Terhadap Guru Bimbingan Konseling Di SMK Kartika Wirabuana XXI Kota Makassar

DEVI NURFAUDIANTI (2022) Perilaku Social Prejudice Negatif Siswa Terhadap Guru Bimbingan Konseling Di SMK Kartika Wirabuana XXI Kota Makassar.

[img] Text
Artikel ilmiah Devi Nurfaudianti.docx

Download (43kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Bagaimankah gambaran perilaku social prejudice negatif siswa terhadap guru BK di SMK Kartika Wirabuana XXI? 2) Apakah faktor-faktor yang menyebabkan perilaku social prejudice negatif siswa terhadap guru BK di SMK Kartika Wirabuana XXI?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Subjek penelitian ini adalah lima belas orang siswa yang terdidentifikasi memiliki perilaku social prejudice negatif pada guru BK. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perilaku social prejudice yang dilakukan oleh siswa terhadap guru BK di SMK Kartika Wirabuana XXI yaitu memberikan pandangan negatif kepada guru BK seperti menganggap guru BK kejam, guru BK killer, guru BK tidak memiliki tugas dan fungsi di dalam proses pembelajaran dan menganggap guru BK sebagai polisi sekolah.. Siswa juga melakukan penolakan terhadap kehadiran guru BK di lingkungan sekolah seperti menghindari ketika berpapasan dengan guru BK dan mengabaikan pangggilan guru BK Bentuk lainnya yaitu siswa melakukan pembicaraan yang mengarah pada permusuhan kepada guru BK seperti menyudutkan guru BK dalam pembicaraan, merendahkan guru BK secara verbal, dan secara terang-terangan memusuhi guru BK. Selanjutnya, bentuk social prejudice yang dilakukan siswa adalah menjaga jarak hubungan dengan guru BK seperti menghindari berbicara dengan guru BK dan menghindari panggilan guru BK 2) Faktor yang memengaruhi perilaku social prejudice siswa pada guru BK meliputi pandangan negatif terhadap guru BK yang meliputi persepsi dan anggapan terhadap sikap guru BK kurang tepat, informasi yang kurang tepat mengenai tugas dan fungsi guru BK, sikap guru BK yang tidak bersahabat dengan siswa, pengalaman yang kurang menyenangkan diperoleh siswa saat Kata Kunci: Perilaku, social prejudice negatif, guru BK

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:29
Last Modified: 07 Nov 2022 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25354

Actions (login required)

View Item View Item