(Penerapan Teknik Reinforcement Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa di SMK Negeri 1 Polewali)

MASITHA ARAF (2022) (Penerapan Teknik Reinforcement Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa di SMK Negeri 1 Polewali).

[img] Text
Artikel Ilmiah_ MASITHA ARAF_1744040030.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah pengaruh dari penerapan Teknik Reinforcement untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik di SMK Negeri 1 Polewali. Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana gambaran perilaku prokrastinasi akademik pada siswa sebelum dan sesudah pemberian teknik reinforcement di SMK Negeri 1 Polewali? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan penerapan teknik Reinforcement di SMK Negeri 1 Polewali? (3) Apakah penerapan teknik Reinforcement dapat mengatasi prokrastinasi akademik siswa di SMK Negeri 1 Polewali?. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A- B- A. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 1 orang siswa kelas XI PK II SMK Negeri 1 Polewali yang mengalami prokrastinasi akademik yang tinggi. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat prokrastinasi akademik siswa sebelum diberikan perlakuan teknik reinforcement berada pada kategori tinggi (2) Pelaksanaan teknik reinforcement untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa di SMK Negeri 1 Polewali dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan dimana 3 kali observasi awal, 4 kali pemberian intervensi dan 3 kali setelah pemberian intervensi (3) Penerapan teknik reinforcement dapat mengatasi prokrastinasi akademik siswa. Kata Kunci : Teknik Reinforcement, Prokrastinasi Akademik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:07
Last Modified: 07 Nov 2022 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25351

Actions (login required)

View Item View Item