PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI BERBASIS SKEMATA DENGAN MENGINTEGRASIKAN METODE SQ4R DAN THIN-TALK-WRITE (TTW) BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Salija, Kisman and Sahril, Sahril (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI BERBASIS SKEMATA DENGAN MENGINTEGRASIKAN METODE SQ4R DAN THIN-TALK-WRITE (TTW) BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian Hibah Fundamental)
Penelitian - Penegembangan Model.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review - Laporan Penelitian Hibah Fundamental)
Peer Review - Penelitian Penegembangan Model.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview

Abstract

Ringkasan: Masalah yang dikaji dalam penclitian ini adalah bagnimana mcngembangkan model dan perangkat pembelajaran berbasis skemata yang diharapkan dapai meningkatkan kemampuan menulis dan rainat menulis teks argumentasi bahasa Inggris dcngan mengintegrasikan metodc (Survei, Question, Read. Recite. Record, and Review. (SQ4R) dan Think-Talk-iVrite (TTW) bagi mabasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Univeritas Negeri Makassar yang mengikuti matakuliah "Academic Writing''. Penclitian ini adalali pcnelitian pengembangan yang bertujuan mcngembangkan model dan perangkat pembclajaran menulis bahasa Inggris untiik meningkatkan kemampuan dan minat menulis teks argumentasi bahasa Inggris mabasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar. Model pembclajaran dan perangkat pembclajaran yang dikembangkan mengikuti model desain penclitian dan pengembangan yang dirancang oleh Borg & Gall (1983). Penclitian ini mcrupakan suatu proses ekstensif dalam meneliti kebutuhan mabasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNM dun kemudian dikembangkan produk yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan mabasiswa lumik meningkatkan kemampuan menulis dan minat menulis teks argumentasi bahasa Inggris. Vang menjadi partisipan dalam penclitian ini adalah mabasiswa dan dosen jurusan Bahasa Inggris. Dalam penclitian ini dikembangkan model dan perangkat pembclajaran menulis teks argumentasi bahasa Inggris bagi mabasiswa Program Sludi Pendidikan Inggris UNM. Pengembangan instrumen tersebut akan mengacu pada sintaks model pembclajaran untuk setiap pertemuan. Selanjutnya, akan dilakukon implementasi terbatas pada salah satu kclas program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang mengikuti matakuliah "Academic Writing*1 Hasil implementasi terbatas ini akan dijadikan bahan diskusi tim peneliti untuk mclakukan qptimalisasi sebelum menerapkan perangkat pembelajaran ini secara menyeluruh pada mabasiswa yang mengkuti matakuliah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tampak bahwa perangkat pembclajaran yang dikembangkan dalam penclitian ini sudah memenuhi beberapa persyaratan setelah mclaiui proses validasi dan uji terbatas. Dari proses validasi yang dilakukan oleh pakar. diperoleh bahwa perangkat tersebut tidak mengalami perubahan yang signitlkan. Masukan dari pengguna, baik dari dosen model maupun dari observer memperlihatkan bahwa perangkat pembelajaran tersebut dapat dipakai untuk pembclajaran menulis bahasa Inggris berbasis SKEMA dengan memadu SQ4R dan TTW. Pada tahap refleksi. dosen yang bergantian peran sebagai dosen model maupun sebagai observer benar-benar memanfaatkan tahap ini untuk sharing dalam upaya penyempumaan pelaksanaan pembelajaran berbasis SKEMA dengan memadu SQ4R dan TTW. Hal ini tcrbukti bahwa bcbcrapa kelemahan yang ditcmukan dari uji coba terhadap beberap dosen model, baik masukan dari pengamat maupun masukan dari pakar hampir tidak teruiang lagi pada dosen berikutnya.

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 15 May 2017 13:26
Last Modified: 15 May 2017 13:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2535

Actions (login required)

View Item View Item