Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Stres Belajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VIII SMP Negeri Katumbangan Lemo

Wilda Mawahda Djawad (2022) Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Stres Belajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VIII SMP Negeri Katumbangan Lemo.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (499kB)

Abstract

Wilda Mawahda Djawad, 2021. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Stres Belajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas VIII SMP Negeri Katumbangan Lemo. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Dr. Abdul Saman, M.Si, Kons. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah hubungan antara self-efficacy dengan stres belajar daring pada masa pandemi covid-19 siswa kelas VIII SMP Negeri Katumbangan Lemo. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran self-efficacy pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Katumbangan Lemo?, (2) Bagaimanakah gambaran stres belajar daring pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Katumbangan Lemo?, (3) Apakah ada hubungan self-efficacy dengan stres belajar daring siswa kelas VIII di SMP Negeri Katumbangan Lemo?. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran self-efficacy pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Katumbangan Lemo. (2) Untuk mengetahui gambaran stres belajar daring pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Katumbangan Lemo. (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan self-efficacy dengan stres belajar daring siswa kelas VIII di SMP Negeri Katumbangan Lemo. Menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan desain penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Katumbangan Lemo sebanyak 148 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala stres belajar dan self-efficacy. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara stres belajar daring dengan self-efficacy pada masa pandemi covid-19 siswa kelas VIII SMP Negeri Katumbangan Lemo. Berdasarkan data statistik deskriptif yang diperoleh untuk stres belajar 69 siswa (64%) kategori sedang dan self-efficacy 76 siswa (70%) kategori sedang. Adapun hasil uji hipotesis menggunakan uji korelasi Spearman’s rho melalui aplikasi SPSS 25.0 diperoleh nilai signifikan p = 0,020 (p<0,05). Koefisien korelasi (r) dari uji hipotesis ini adalah -0,199 yang menunjukkan hubungan negatif dari kedua variabel. dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara self efficacy dengan stres belajar daring pada masa pandemi covid-19 siswa kelas VIII SMP Negeri Katumbangan Lemo. Kata Kunci: Self-Efficacy, Stres Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:54
Last Modified: 07 Nov 2022 01:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25349

Actions (login required)

View Item View Item