Pengembangan Website Monitor Sebagai Media Bimbingan Belajar Self Regulated Learning (Srl) Bagi Peserta Didik Di Upt Sma Negeri 13 Bone

Rismayanti. (2022) Pengembangan Website Monitor Sebagai Media Bimbingan Belajar Self Regulated Learning (Srl) Bagi Peserta Didik Di Upt Sma Negeri 13 Bone.

[img] Text
Jurnal Ilmiah_Rismayanti_1744040006_BK_FIP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Mengetahui profil gambaran media bimbingan belajar Self-Regulated Learning berbasis website untuk meningkatkan kemandirian belajar bagi siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone. (2) Mengetahui prototipe Media bimbingan belajar SelfRegulated Learning berbasis website untuk meningkatkan kemandirian belajar bagi siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone. (3) Mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan Media bimbingan belajar Self-Regulated Learning berbasis website untuk meningkatkan kemandirian belajar bagi siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (RnD) dengan model Pengembang Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Sampel penelitian adalah siswa SMAN 13 Bone yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli media, materi, uji praktisi guru BK dan angket respon penilaian mahasiswa setelah uji coba. Hasil penelitian di peroleh (1) peserta didik membutuhkan sebuah layanan bimbingan belajar dalam memonitor kemampuan dirinya sendiri, perencanaan dan pemantauan dalam menyelesaikan tugas dengan baik, akan tetapi disekolah tersebut belum melakukan layanan bimbingan belajar secara terkhusus mengenai Self-Regulated Learning (SRL). (2) media bimbingan belajar ini diharapkan solusi penyedian layanan bimbingan belajar di SMA dengan fitur media meliputi; Fase I (Self Efficacy dan Strategi belajar), Fase II ( Implementasi Strategi), evaluasi , kolom curhat, video dan kuis, E-Biblioterapi dan kalender akademik. (3) media bimbingan belajar ini dikembangkan telah valid dan menunjukkan hasil kategori sangat praktis berdasarkan uji ahli dan uji coba kelompok kecil. Sehingga media bimbingan belajar bagi peserta didik dinilai sangat layak sebagai media pendukung layanan bimbingan belajar. Kata kunci: Bimbingan Belajar, Media Interaktif berbasis website

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:07
Last Modified: 07 Nov 2022 01:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25345

Actions (login required)

View Item View Item