(Penerapan Konseling Realitas Untuk Mengurangi Dampak Stres Belajar Pada Siswa di SMA Negeri 3 Soppeng)

Elly Astuti (2022) (Penerapan Konseling Realitas Untuk Mengurangi Dampak Stres Belajar Pada Siswa di SMA Negeri 3 Soppeng).

[img] Text
Elly Astuti_Artikel IImiah Skripsi_1744040004.pdf

Download (704kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah pengaruh “Penerapan Konseling Realitas untuk menurunkan dampak stress belajar siswa di SMA Negeri 3 Soppeng”. Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana dampak stress belajar pada siswa kasus RV & L di SMA Negeri 3 Soppeng ? (2) Apa proses penerapan Konseling Realita pada siswa kasus RV & L di SMA Negeri 3 Soppeng ? (3) Bagaimana upaya penanganan untuk mengurangi dampak stres belajar dengan Konseling Realitas ?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui dampak stress belajar pada siswa kasus RV & L di SMA Negeri 3 Soppeng, (2) Untuk mengetahui proses penerapan Konseling Realita pada siswa kasus RV & L di SMA Negeri 3 Soppeng, (3) Untuk mengetahui upaya penanganan untuk mengurangi dampak stres belajar dengan Konseling Realitas. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A. Adapun subjek pada penelitian ini adalah dua orang siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Soppeng yang mengalami stres belajar tinggi. Analisis data yang digunakan yaitu melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat dampak stres belajar sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan teknik konseling realitas berada pada kategori tinggi (2) Pelaksanaan teknik konseling realitas untuk mengurangi dampak stres belajar pada siswa SMA Negeri 3 Soppeng dilaksanakan sebanyak 7 tahap dalam 8 kali pertemuan, Selama pelaksanaan penelitian siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang baik (3) Penerapan teknik konseling realitas dapat menurunkan dampak stres belajar siswa. Kata Kunci: Kata Kunci: Teknik Konseling Realitas, Dampak Stres Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:37
Last Modified: 04 Nov 2022 08:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25341

Actions (login required)

View Item View Item