Implementasi Person Center Therapy (PCT) Untuk Meningkatkan Self Awareness (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Lappariaja)

ASDART (2022) Implementasi Person Center Therapy (PCT) Untuk Meningkatkan Self Awareness (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Lappariaja).

[img] Text
ASDAR_Artikel Ilmiah Skripsi_1744040022_Bimbingan & Konseling_FIP.pdf

Download (595kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adanya siswa yang bermasalah mengenai rendahnya self awareness pada siswa SMP Negeri 5 Lappariaja. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Person Center Therapy (PCT) Untuk Meningkatkan Self Awareness pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Lappariaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak satu orang yang teridentifikasi memiliki perilaku suka menceritakan aib para gurunya, mengabaikan jika ditegur oleh gurunya, membolos sekolah dan merokok. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa: 1) Model implementasi Person Center Therapy dilakukan dengan penyadaran diri sendiri dan melakukan konseling secara interpersonal pada konseli (RK). 2) Strategi implementasi Person Center Therapy yaitu dengan cara membangun hubungan terapeutik antara konselor dengan RK agar dapat menggali informasi pada RK, bersikap empati serta implementasi teknik dasar Person Center Therapy (PCT) dalam proses konseling. 3) Implementasi Person Center Therapy terdiri atas enam tahap yaitu tahap Pembukaan (Working Relationship), Penjelasan/Identifikasi masalah, Tahap Refleksi perasaan, Eksplorasi Ide/Penyelesaian masalah, Fase penguatan, dan Fase penutup (Evaluasi). 4) Setelah melakukan proses konseling dan intervensi diberikan, perubahan perilaku konseli dari perilaku negatif yang dialaminya dengan menampilkan perilaku baru yang lebih baik dan positif, konseli banyak menyadari kesalahan yang tidak pantas untuk dilakukan, memilih lingkungan pergaulan yang positif dengan teman sebayanya, mampu mengontrol pikiran, perasaan dan emosinya. Kata kunci: Self Awareness, Person Center Therapy.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:30
Last Modified: 04 Nov 2022 08:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25339

Actions (login required)

View Item View Item