Analisis Perilaku Belajar Selama Pembelajaran Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid 19 Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada 2 siswa Di SMP Negeri 5 Makassar)

Suci Sari Dewi (2022) Analisis Perilaku Belajar Selama Pembelajaran Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid 19 Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada 2 siswa Di SMP Negeri 5 Makassar).

[img] Text
Jurnal Suci Sari Dewi (1744042032).docx

Download (51kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu perilaku belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Bagaimankah gambaran perilaku belajar selama pembelajaran dari rumah pada masa pandemi COVID 19 siswa SW dan MA? 2) Apakah faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya perilaku belajar selama pembelajaran dari rumah pada masa pandemi COVID 19 siswa SW dan MA? 3) Bagaimanakah upaya penanganan rendahnya perilaku belajar selama pembelajaran dari rumah pada masa pandemi COVID 19 siswa SW dan MA?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode case study. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa yang terdidentifikasi memiliki perilaku belajar yang rendah. Pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perilaku belajar yang dilakukan oleh kedua subjek berupa tidak mengumpulkan atau mengirimkan tugas, tidak mengaktifkan video zoom saat proses pembelajaran berlangsung, tingkat kehadiran pada beberapa mata pelajaran sangat rendah, .dan mengabaikan penjelasan guru saat proses pembelajaran berlangsung. 2) Faktor yang memengaruhi kedua subjek memiliki perilaku belajar rendah adalah kurang pahammnya siswa mengenai materi mata pelajaran, motivasi saat belajar yang rendah, lingkungan sebaya yang menyita waktu saat malam sehingga mengantuk saat pagi hari, keluarga yang sibuk bekerja sehingga tidak ada yang mengontrol belajar anak saat proses belajar mengajar, anak yang mulai merasa malas dan jenuh dengan model pembelajaran saat ini, habisnya kuota internet, dan pola pikir yang keliru mengenai pembelajaran daring saat pandemi. 3) Penanganan rendahnya perilaku belajar pada konseli dilakukan dengan menggunakan teknik reframing terdiri atas 6 tahap yaitu rational treatment, identifikasi pikiran kedalam situasi, pengenalan dan latihan coping thought, peralihan pikiran negative ke coping tought, latihan penguatan positif, dan evaluasi. Setelah intervensi diberikan, terjadi perubahan pikiran konseli dari irrasional ke rasional. Kata Kunci: Perilaku Belajar, Pembelajaran dari Rumah, Pandemi, Reframing

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:02
Last Modified: 04 Nov 2022 08:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25335

Actions (login required)

View Item View Item