PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 POLEWALI

Ika Indah Sari (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 POLEWALI.

[img] Text
Jurnal Ika Indah Sari-1744040020 Bimbingan dan Konseling (1).pdf

Download (657kB)

Abstract

Ika Indah Sari, 2021. Pengaruh layanan bimbingan belajar dengan teknik mind mapping terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Polewali. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M. Si dan Dr. H. Abdullah Pandang, M. Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah. Pengaruh layanan bimbingan belajar dengan teknik mind mapping terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Polewali. Masalah dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana gambaran prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Polewali?, (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan layanan bimbingan belajar dengan teknik mind mapping terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Polewali ?, (3) Apakah layanan bimbingan belajar dengan teknik mind mapping berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Polewali. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Polewali, (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan layanan bimbingan belajar dengan teknik mind mapping terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Polewali, (3) Untuk mengetahui layanan bimbingan belajar dengan teknik mind mapping berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Polewali. Pendekatan kuantitatif jenis Eksperimental. Desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Polewali tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian kelas XI Akuntansi 1 Sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal test materi mata pelajaran Akuntansi. Teknik analisis data analisis deskriptif dan uji Statistik Wilcoxon. Hasil penelitian: (1) Sebelum pelaksanaan teknik mind mapping siswa memperoleh tingkat prestasi belajar dalam kategori sedang, (2) Pelaksanaan layanan bimbingan belajar dengan teknik mind mapping dilaksanakan Pretest, tahap awal pemahaman tentang prestasi belajar, tahap proses pelaksanaan bimbingan belajar dengan teknik mind mapping membuat/mempraktekkan mind mapping, tahap akhir berupa evaluasi dan pemberian posttest, (3) layanan bimbingan belajar dengan teknik mind mapping berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Polewali. Kata Kunci: mind mapping, prestasi belajar, layanan bimbingan belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:50
Last Modified: 04 Nov 2022 07:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25332

Actions (login required)

View Item View Item