Analisis Kejenuhan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar)

Rahmatiah S (2022) Analisis Kejenuhan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar).

[img] Text
JURNAL_RAHMATIAH S._1744042007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rahmatiah S., 2021. Analisis Kejenuhan Belajar Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar). Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Bapak Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Ibu Suciani Latif, S.Pd., M.Pd). Penelitian ini membahas tentang kejenuhan belajar siswa selama masa pandemi di SMA Negeri 8 Makassar. Kajian utama dari penelitian ini adalah: (1) Gambaran kejenuhan belajar pada peserta didik berinisial HZ di SMA Negeri 8 Makassar. (2) Faktor yang menyebabkan peserta didik berinisial HZ mengalami kejenuhan belajar di SMA Negeri 8 Makassar. (3) Upaya penanganan kejenuhan belajar pada peserta didik berinisial HZ di SMA Negeri 8 Makassar. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus klinis. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Gambaran kejenuhan belajar yang dirasakan peserta didik berinisial HZ di SMA Negeri 8 Makassar selama masa pandemi meliputi, selalu merasa jenuh dan kurang konsentrasi saat belajar daring, menyontek tugas teman atau memilih untuk tidak mengerjakan tugas, tidak termotivasi serta bergairah lagi saat belajar dan memilih melakukan kegiatan lain ketika proses pembelajaran berlangsung. (2) Faktor yang mempengaruhi kejenuhan belajar Peserta didik HZ selama masa pandemi yaitu karena proses pembelajaran dilakukan secara daring, belajar hanya melalui hp dan tidak ada teman yang diajak belajar secara langsung, peserta didik HZ juga menganggap bahwa guru memberikan tugas yang terlalu banyak dengan waktu pengumpulan yang sangat singkat, peserta didik HZ menganggap bahwa ada teman yang juga malas mengerjakan tugasnya seperti dia, peserta didik HZ selalu merasa sulit ketika mengerjakan tugas yang berupa perhitungan dan tugas video, lingkungan belajar HZ yang kurang kondusif, selalu merasa kecewa karena nilai yang diberikan oleh gurunya sangat rendah dan ketika peserta didik HZ jenuh saat belajar maka ia menganggap bahwa mata pelajaran yang sedang berlangsung tidak terlalu penting. (3) Upaya yang dapat dilakukan terhadap subjek yang mengalami kejenuhan belajar adalah dengan pemberian konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan Metode Socrates untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik berinisial HZ selama masa pandemi di SMA Negeri 8 Makassar. Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Masa Pandemi, Konseling REBT, Metode Socrates

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:42
Last Modified: 04 Nov 2022 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25330

Actions (login required)

View Item View Item