Analisis Perilaku Stres Belajar Siswa Dalam Masa Pandemi Covid-19(Studi Kasus Dua Siswa SMPS 1 Antam)

Tauhid Abdillah, (2022) Analisis Perilaku Stres Belajar Siswa Dalam Masa Pandemi Covid-19(Studi Kasus Dua Siswa SMPS 1 Antam).

[img] Text
Tauhid Abdillah_Artikel Ilmiah Skripsi_1644042019_BK.pdf

Download (286kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terhadap 2 siswa yang mengalami stres belajar dalam masa pandemi covid-19. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran umum stres belajar siswa dalam masa pandemi covid-19 di SMPS 1 Antam. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi stres belajar siswa dalam masa pandemi covid-19 di SMPS 1 Antam. (3) Upaya dalam menangani stres belajar siswa dalam masa pandemi covid-19 di SMPS 1 Antam. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen penelitian yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari kedua siswa yaitu: (1) Gambaran stres belajar pada kedua siswa SMPS 1 Antam banyaknya tugas yang menumpuk dan kurang nya penjelasan dari guru, adanya tekanan-tekanan, kurang yakin pada dirinya, selalu mengharapkan orang lain, tidak bisa beradaptasi dengan metode belajar online, tidak yakin dengan kemampuan dirinya, sering mengeluh ketika diberikan tugas oleh gurunya. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan stres belajar dari kedua siswa faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal : frustasi, konflik, pressures, self-imposed. Adapun faktor eksternal : keluarga, sekolah dan lingkungan fisik. (3) Upaya yang dapat dilakukan siswa yang mengalami stres belajar pada siswa SMPS 1 Antam yaitu dilakukan dengan menggunakan teknik Restrukturisasi Kognitif. Adapun hasil yang diperoleh dari teknik ini yang awal nya siswa berfikir irrasional menjadi rasional dan mampu mengurangi stres belajar kedua siswa SMPS 1 Antam. Kata Kunci: Stres Belajar dan Teknik Restrukturisasi Kognitif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:09
Last Modified: 04 Nov 2022 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25324

Actions (login required)

View Item View Item