PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK (STUDI KASUS PADA SISWA DI SMPN 1 GANTARANGKEKE KAB. BANTAENG)

Aenur Radhiatul Ashaf (2022) PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK (STUDI KASUS PADA SISWA DI SMPN 1 GANTARANGKEKE KAB. BANTAENG).

[img] Text
1744042016_Aenur Radhiatul Ashaf_Artikel Ilmiah Skripsi.pdf

Download (638kB)

Abstract

Aenur Radhiatul Ashaf, 2021. Perilaku Prokrastinasi Akademik (Studi Kasus Pada Siswa Di SMPN 1 Gantarangkeke Kab. Bantaeng). Dibimbing oleh bapak Dr. Sulaiman Samad. M.Si., Kons dan bapak Drs. Muhammad Anas, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terhadap 1 orang siswi yang mengalami perilaku prokrastinasi akademik di SMPN 1 Gantarangkeke. Kajian utama penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Gambaran umum perilaku Prokrastinasi akademik pada seorang siswi di SMPN 1 Gantarangkeke. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku prokrastinasi akademik pada seorang siswi di SMPN 1 Gantarangkeke. (3) dampak periaku prokrastinasi akademik akademik pada seorang siswi di SMPN 1 Gantarangkeke. (4) Upaya yang dapat dilakukan mahasiswi yang mengalami perilaku prokrastinasi akademik pada seorang siswi di SMPN 1 Gantarangkeke. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Gambaran perilaku prokrastinasi akademik merujuk pada penundaan untuk memulai maupun menyelesaikan kerja pada tugas yang dihadapi, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja actual, dan juga melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. (2) Faktor penyebab dari perilaku prokrastinasi akademik, yaitu dari factor adanya rasa ketakutan atau kecemasan dan juga sulit mengambil suatu keputusan. (3) Dampak dari perilaku prokrastinasi akademik yakni gangguan emosional, dan Keberhasilan pada dunia pendidikan (Prestasi). (4) Upaya yang dapat dilakukan mahasiswi yang mengalami perilaku prokrasinasi akademik yakni dilakukan dengan menggunakan teknik solution focused brief counseling dimana dapat menurunkan perilaku prokrastinasi akademik. Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik dan Teknik Solution Focused Brief Counseling

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:13
Last Modified: 03 Nov 2022 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25311

Actions (login required)

View Item View Item