PENERAPAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SISWA DI SMA NEGERI 2 MAROS

NURAENI (2022) PENERAPAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SISWA DI SMA NEGERI 2 MAROS.

[img] Text
JURNAL nuraeni hasanuddin.pdf

Download (471kB)

Abstract

nelitian ini menelaah penerapan Teknik kontrak Perilaku untuk Membantu Meningkatkan Kedisiplinan dalam Mematuhi Tata Tertib Siswa di SMA Negeri 2 Maros. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran kedisiplinan dalam Mematuhi Tata Tertib siswa di SMA Negeri 2 Maros? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik Kontrak Perilaku dalam meningkatkan kedisiplinan dalam Mematuhi Tata Tertib siswa di SMA Negeri 2 Maros? (3) Apakah teknik Kontrak Perilaku mampu meningkatkan kedisiplinan dalam Mematuhi Tata Tertib siswa di SMA Negeri 2 Maros?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran kedisiplinan dalam Mematuhi Tata Tertib siswa di SMA Negeri 2 Maros. (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik Kontrak Perilaku dalam meningkatkan kedisiplinan dalam Mematuhi Tata Tertib siswa di SMA Negeri 2 Maros. (3) Untuk mengetahui apakah teknik kontrak perilaku mampu meningkatkan kedisiplinan dalam Mematuhi Tata Tertib siswa di SMA Negeri 2 Maros. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas IX IPS 1 SMA Negeri 2 Maros yang mengalami kedisiplinan dalam berperilaku rendah. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan instrument observasi dan skala penilaia. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan teknik Kontrak Perilaku berada pada kategori rendah (2) Pelaksanaan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib siswa SMA Negeri 2 Maros dilaksanakan sebanyak 5 tahap dalam 10 kali pertemuan, meliputi tahap pertama, melakukan analisis ABC, tahap kedua menentukan data awal perilaku yang ingin diubah, tahap ketiga menentukan jenis reinforcement yang akan diberikan, tahap keempat menyepakati kontrak perilaku yang akan diterapkan, tahap kelima pemberian reward ketika perubahan tingkah laku menetap. (3) Penerapan teknik Kontrak Perilaku dapat meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib siswa. Kata Kunci: Perilaku Membolos dan Behavioral Contract (Kontrak Perilaku)

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:02
Last Modified: 03 Nov 2022 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25308

Actions (login required)

View Item View Item