Penerapan Teknik Self-Management Untuk Meningatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTs Negeri 4 Bone

Yusril Maskur (2022) Penerapan Teknik Self-Management Untuk Meningatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTs Negeri 4 Bone.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI_YUSRIL MASKUR_1744040027_BIMBINGAN DAN KONSELING.pdf

Download (913kB)

Abstract

Yusril Maskur, 2021. Penerapan Teknik Self-Management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs NEGERI 4 BONE. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Pandang, M.Pd dan Drs. Muhammad Anas,M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTs NEGERI 4 BONE. Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran kedisplinan belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian teknik self management di MTs Negeri 4 Bone? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan penerapan teknik self management di MTs Negeri 4 Bone? (3) Apakah dengan penerapan teknik self management ini dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar di MTs Negeri 4 Bone?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kedisiplinan iswa sebelum dan sesudah pemberian teknik Self management di MTs Negeri 4 Bone. (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan teknik Self management di MTs Negeri 4 Bone. (3) Untuk mengetahui penerapan teknik Self management meningkatkan kedisplinan belajar siswa di MTs Negeri 4 Bone. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A. Adapun subjek pada penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VIII E MTs NEGERI 4 BONE yang mengalami kedisiplinan belajar rendah. Analisis data yang digunakan yaitu melalui instrument observasi dan skala penilaian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kedisiplinan belajar sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan teknik Self-Management berada pada kategori rendah (2) Pelaksanaan teknik Self-Managemant untuk mengurangi tingkat kedisiplinan belajar pada siswa MTs Negeri 4 Bone dilaksanakan sebanyak 7 tahap dalam 8 kali pertemuan, Selama pelaksanaan penelitian siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang baik (3) Penerapan teknik self-management dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Kata Kunci: Teknik Self-Management, Kedisiplinan Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:52
Last Modified: 03 Nov 2022 06:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25306

Actions (login required)

View Item View Item