Penerapan Teknik Reframing Untuk Mereduksi Perilaku Rendah Diri Siswa Di Sma Negeri 6 Luwu Utara

Adilla Fajriani (2022) Penerapan Teknik Reframing Untuk Mereduksi Perilaku Rendah Diri Siswa Di Sma Negeri 6 Luwu Utara.

[img] Text
Adilla Fajriani_Artikel Ilmiah Skripsi_1744042022_Bimbingan dan Konseling.pdf

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan teknik reframing untuk mereduksi perilaku rendah diri siswa di SMA Negeri 6 Luwu Utara. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku rendah diri siswa di SMA Negeri 6 Luwu Utara ?, (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik reframing untuk mereduksi perilaku rendah diri siswa di SMA Negeri 6 Luwu Utara?, (3) Apakah teknik reframing dapat mereduksi perilaku rendah diri siswa di SMA Negeri 6 Luwu Utara ?. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan model quasi eksperiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1, X2, X3, X4 SMA Negeri 6 Luwu Utara sebanyak 50 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Angket perilaku rendah diri dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat perilaku rendah diri siswa pada kelompok eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) berada pada kategori tinggi, setelah diberikan perlakuan berupa teknik reframing dan diberikan (posttest) tingkat prilaku rendah diri siswa berada pada kategori rendah, sedangkan pada kelompok kontrol, pada saat (pretest) berada pada kategori tinggi dan pada saat (posttest) tetap berada pada kategori tinggi, (2) Selama pelaksanaan teknik reframing secara umum partisipasi siswa berada pada katgori sangat tinggi, (3) Penerapan teknik reframing dapat mereduksi perilaku rendah diri siswa di SMA Negeri 6 Luwu Utara. Kata Kunci: Perilaku Rendah Diri, Teknik Reframing

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:19
Last Modified: 03 Nov 2022 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25300

Actions (login required)

View Item View Item