PENGARUH STRESSOR DAN COPING STRES TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA PADA PERKULIAHAN ONLINE DIMASA PANDEMI COVID-19 (Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar)

ANDI RUSMIATI (2022) PENGARUH STRESSOR DAN COPING STRES TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA PADA PERKULIAHAN ONLINE DIMASA PANDEMI COVID-19 (Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar).

[img] Text
5. ARTIKEL ILMIAH_SKRIPSI_ANDI RUSMIATI_1744041001_BK.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kauntitatif deskriptif yang bertujuan mengetahui pola stres dan coping stres mahasiswa menghadapi tantangan kuliah online dimasa pendemi covid-19. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu stressor kuliah online (X1) dan tingkat stres (X2), sedangkan variabel terikatanya coping stres (Y). Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa aktif bimbingan dan konseling Universitas Negeri Makassar pada semester genap tahun 2021, sedangkan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 0.05, dengan jumlah sampel 19d responden. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan kuesioner dalam bentuk google form berupa skala stressor, tingkat stres dan coping stres. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (uji t, uji f, dan uji R2). Berdasarkan hasil analisis deskriptif stressor kuliah online berkategori tinggi dengan nilai 106 (55%) selanjutnya tingkat stres berkategori sedang dengan nilai 76 (39%) dan coping stres berkategori tinggi dengan nilai 94 (49%) sedangkan berdasarkan uji hipotesis hasil menunjukkan adanya pengaruh antara stressor kuliah online dengan tingkat stres dengan nilai sig uji t <0.05 (0.000<0.05). kemudian pengaruh coping stres dengan tingkat stres dengan nilai sig t 0.000 atau (0.011<0.05), sehingga dapat disimpulkan bahwa coping stres memiliki pengaruh terhadap tingkat stres. Hasil uji f menunjukkan nilai sig f adalah 0.000 yang artinya bahwa nilai signifikansi < 0.05. sehingga dapat disimpulkan kedua variabel bebas memiliki pengaruh yang simultan terhadap variabel terikat atau tingkat stres pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Adapun hasil koefisien determinasi (R2) mengenai tingkat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 51%. Kata Kunci: tingkat stres, coping stres, stressor kulian online

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 05:23
Last Modified: 03 Nov 2022 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25290

Actions (login required)

View Item View Item