(Penerapan Single Session Brief Counseling Untuk Meningkatkan Self�Regulated Learning Siswa Selama Pembelajaran Daring di Kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar)

Akbar Na’im Fadhlillah, (2022) (Penerapan Single Session Brief Counseling Untuk Meningkatkan Self�Regulated Learning Siswa Selama Pembelajaran Daring di Kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar).

[img] Text
1 AKBAR NA'IM FADHLILLAH_ARTIKEL ILMIAH SKRIPSI_1744040007_BIMBINGAN DAN KONSELING.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan Single Session Brief Counseling mampu meningkatkan Self-Regulated Learning siswa di kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar. adapun masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran tingkat Self-Regulated Learning siswa selama pembelajaran daring di kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar. (2) Bagaimana proses pelaksanaan Single-Session Brief Counseling untuk meningkatkan Self-Regulated Learning siswa selama pembelajaran daring di kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar. (3) Apakah penerapan Single-Session Brief Counseling mampu meningkatkan Self�Regulated Learning siswa selama pembelajaran daring di kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Single Session Brief Counseling mampu meningkatkan Self-Regulated Learning siswa di kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Adapun yang menjadi sampel pada penelitian ini ialah dua puluh empat orang siswa kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui instrumen kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian menunjukkan gambaran tingkat self-regulated learning siswa di kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar yang terindikasi rendah dilihat dari beberapa masalah belajar berikut yakni terlambat mengikuti kelas, tidak mengikuti kelas, tidak menyelesaikan tugas dari guru serta siswa juga jarang memberikan respon balik ketika diberikan pertanyaan. (2) Proses pelaksanaan layanan single session brief counseling untuk meningkatkan self-regulated learning siswa selama pembelajaran daring di kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar dimulai dari tahap perkenalan dan kontak, identifikasi masalah, identifikasi tingkat kesulitan masalah, identifikasi hal yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah konseli, menetapkan tujuan yang ingin dicapai, menyusun strategi, memberi motivasi dan dorongan, menyimpulkan hasil pertemuan, break, homework, menutup kegiatan layanan. Kemudian untuk mengetahui perkembangan individu, peneliti melaksanakan monitoring (pertemuan rutin). (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan single session brief counseling mampu meningkatkan self-regulated learning siswa selama pembelajaran daring di kelas VIII SMPN 15 Kepulauan Selayar. Kata kunci : Single Session Brief Counseling dan Self-regulated learning.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:37
Last Modified: 03 Nov 2022 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25281

Actions (login required)

View Item View Item